Software Wajib Untuk Menginstall Windows pada PC/Laptop Dengan Melakukan Beberapa Hal

Dengan kecanggihan teknologi dan kemudahan dalam mendapatkan informasi saat ini, seharusnya kita tidak perlu lagi meminta bantuan teman atau ke tempat service komputer. Ketika PC/Laptop yang kita gunakan hang, terkena virus, lambat, terlalu banyak software terinstall, ada data yang corrupt, dan masih banyak lagi, intinya harus di install ulang. Install ulang terkadang menjadi solusi terakhir untuk memecahkan masalah pada Windows. Tetapi jangan langsung buru-buru menggunakanya setelah install ulang. Ada beberapa hal penting yang sebaiknya anda lakukan setelah melakukan install ulang Windows.

Install Windows 10
Hal yang pertama harus anda lakukan adalah menyimpan data penting yang terdapat di drive c:\ ke partisi lain agar aman saat terpaksa harus install ulang. Karena setelah anda menginstall ulang Windows, anda akan kehilangan semua data yang ada di drive c:\ yang bersamaan dengan installasi Windows. 

Selanjutnya cari dan install software-software yang di butuhkan atau minimal software yang sering digunakan ketika sebelum install ulang. Software apa saja yang harus ada setelah instal ulang? Software penting apa saja untuk PC/laptop yang harus anda miliki? Di bawah ini akan dijelaskan dan diberikan link tautan download buat anda yang belum memiliki program penting dan sekaligus untuk mengingatkan anda setelah anda memiliki sistem operasi baru khususnya windows.

Software yang Wajib anda Install Setelah Install Ulang Windows


1. Install Driver yang Up-to-Date

Install Driver yang Up-to-Date
Sebaiknya dahulukan install driver dari setiap hardware yang anda gunakan di PC atau laptop seperti VGA, Motherboard, Monitor, bahkan keyboard dan mouse jika memang memiliki driver sendiri untuk pengaturannya. Anda bisa download DriverPack yang menyediakan kumpulan driver lengkap dari berbagai macam hardware.

Untuk itu pastikan anda mendownload driver dari setiap hardware yang anda miliki dan menginstall versi yang paling terbaru. Driver yang layak mendapatkan perhatian lebih adalah driver VGA (Graphic Card), sound card, wireless, keypad / numpad, bluetooth, dsb.

Meskipun sistem operasi Windows sudah dilengkapi dengan driver generic, tetap saja pasti ada beberapa hardware yang membutuhkan driver tambahan untuk berjalan dengan mulus. Video Card, Wi-fi, Sound Card, USB 3.0, Mouse, dan perangkat tambahan lainya terkadang tidak dapat dikenali oleh Windows. Oleh karena itu, meng-install driver ini wajib hukumnya

2. Browser

Browser
Windows seringkali sudah menyediakan browser bawaan yaitu Internet Explorer, tetapi jika anda tidak menyukainya dan ingin mengganti dengan browser lain. Anda bisa menemukan dan mendownloadnya browser gratis dan populer seperti misalnya Google Chrome, Firefox, Opera, Maxthon, UC Browser for PC, dan masih banyak lagi tentunya.

3. Downloader

Downloader
Setelah install browser, rasanya kurang lengkap kalau tidak disertai software downloader untuk download software lain, download lagu, download film, hingga download file-file penting. Untuk software downloader anda bisa percayakan pada Internet Download Manager. 

4. WinRAR

WinRAR
Beberapa file hasil download atau file kiriman melalui email biasanya digabungkan dalam sebuah arsip agar ukuran filenya lebih kecil dan lebih ringkas karena tergabung dalam satu file. Kamu bisa menggunakan WinRAR untuk mengekstraksi isi dari file arsip tersebut.

5. Microsoft Office

Microsoft Office
Untuk kamu yang masih sekolah, kuliah, maupun sudah bekerja, software-software dari Microsoft Office untuk pengerjaan dokumen seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint pasti kamu butuhkan. 

6. Multimedia Player

 Multimedia Player
Multimedia player yang dimaksudkan adalah software pemutar file multimedia seperti musik dan video. Berikut beberapa sofware multimedia Player : 

- VLC Media Player

VLC merupakan salah satu multimedia player yang populer. Dengan banyak sekali fitur milik VLC, banyak juga yang memilih VLC sebagai multimedia player miliknya. VLC sendiri sudah memiliki codec yang lengkap di dalamnya sehingga tidak lagi perlu install codec dari luar.

- GOM Player

Player yang cukup populer di Korea Selatan ini juga tidak kalah fiturnya. Dengan menggunakan GOM Player bahkan anda bisa menonton video yang masih dalam proses download, keren bukan? GOM Player juga memiliki fitur pendukung untuk subtitle seperti SRT, SMI, ST, dan lainnya.

- iTunes

Multimedia Player milik Apple ini juga cukup laris di pasaran, apalagi pengguna Apple tentunya karena biasanya digunakan untuk proses pemindahan data. iTunes sendiri memiliki banyak sekali kelebihan seperti misalnya kamu bisa membeli lagu orisinil secara digital, bahkan tidak jarang banyak musisi yang menjual lagunya secara perdana di iTunes.

7. AntiVirus, AntiMalware, dan Keamanan


Sering download melalui internet? Sering menggunakan Flashdisk ataupun Harddisk? Sepertinya anda wajib menginstal software keamanan pada PC dan laptop. Sekarang ini banyak sekali virus, malware, adware, bloatware, dan lainnya yang mengancam keamanan serta data-data dalam PC anda. Anda bisa menggunakan SMADAV untuk melawan virus-virus lokal, atau anda juga bisa menggunakan Avast Internet Security, atau untuk yang lebih cocok dengan Windows tentunya silahkan download Microsoft Security Essential.

8. Software Maintenance


Tujuan dari install ulang Windows salah satunya adalah untuk mengembalikan performa dari PC agar maksimal dan tidak lagi lambat. Untuk menjaga performanya, tentu anda tetap memerlukan beberapa software maintenance untuk memastikan performanya tetap optimal dengan beberapa software berikut ini : 

- CCleaner

CCleaner berfungsi untuk menghapus cookies, history, serta junk file setelah anda menggunakan browser. Selain itu anda juga bisa mempercepat startup booting dari PC atau laptop anda dengan mengatur software apa saja yang dijalankan pertama kali setelah anda menyalakan PC atau laptop.

- Auslogics Disk Defrag

Semakin sering menggunakan PC atau laptop anda untuk bekerja maupun download, maka banyak sekali file-file yang penempatannya berantakan. Auslogics Disk Defrag berfungsi untuk merapikan penempatan file-file agar lebih mudah dalam proses pencarian dan meningkatkan performa dari PC/laptop.

- Auslogics Duplicate File Finder

Semakin sering download biasanya akan ada beberapa file yang identik sama tetapi jumlahnya lebih dari satu. Hal ini tentunya tidak berguna dan hanya membuang-buang kapasitas storage yang anda miliki. Auslogics Duplicate File Finder berfungsi untuk menemukan serta menghapus file-file yang dianggap duplikasi dengan melihat kesamaan dari beberapa faktor seperti tipe file, ukuran file, dan lainnya.

9. VPN (Virtual Private Networking)


Jika suka nonton Anime, baca Reddit, atau browsing website yang diblokir oleh Internet Positif, berarti wajib download dan install Hotspot Shield. Hotspot Shield berfungsi sebagai VPN agar IP kamu disamarkan dan dianggap dari luar negeri sehingga dapat mengakses website-website yang diblokir Internet Positif.

10. Membuat Backup


Sekarang Windows anda sudah up-to-date, driver sudah terinstall lengkap, software dan tools yang dibutuhkan sudah ada, kini saatnya anda membuat backup image. Backup image ini bisa mempersingkat waktu jika suatu saat Windows anda bermasalah, anda tidak perlu menginstall ulang dan mengulangi semua langkah di atas. Anda tinggal restore saja image yang sudah anda buat dan Windows bakal siap anda gunakan, lengkap dengan berbagai driver, software, dan tools yang diperlukan.

Anda bisa membuat backup image dengan menggunakan fitur bawaan Windows maupun menggunakan software pihak ketiga seperti EaseUS Todo Backup atau Macrium Reflect Free. Itulah hal penting yang sebaiknya anda lakukan setelah menginstall ulang Windows. Dengan melakukan hal-hal di atas sistem Windows anda bisa berjalan secara aman dan optimal.

Demikian sekilas mengenai Software Wajib Untuk Menginstall Windows pada PC/Laptop Dengan Melakukan Beberapa Hal yang telah dibahas. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Referensi : jalantikus.com