Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Pesatnya kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini adalah diluar dugaan orang-orang pada jaman dahulu. Ketika 20 sampai 50 tahun kedepan kecanggihan teknologi akan terus berkembang dan diluar dugaan orang-orang jaman kita sekarang. Begitu pula dengan orang-orang jaman selanjutnya kecanggihan teknologi akan terus berlanjut sampai akhir dunia. Kita selaku umat manusia yang mempunyai peranan di muka bumi ini pasti menginginkan banyak hal di dunia ini yang dapat kita miliki atau bahkan ciptakan. Beberapa diantaranya memiliki kemungkinan yang kecil untuk diciptakan atau ditemukan, beberapa penemuan dan hasil ciptaan mereka telah kita rasakan manfaatnya sampai sekarang.

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Penemuan selalu membutuhkan ide-ide dan dibalut dengan kreatifitas. Ide yang benar-benar berada di luar jangkauan dan melampaui pemikiran pada umumnya (out of the box). Tak seorang pun diperkirakan memiliki WiFi pada perangkat gadget-mobile mereka pada masa yang lalu, namun ternyata penemuan tersebut bisa mengubah seluruh dunia pada saat sekarang.

Berikut kami akan mengulas tentang Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan


1. Global Municipal Wi-Fi


Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Municipal Wi-Fi adalah konsep perubahan satu kota secara keseluruhan menjadi sebuah Zona Akses Nirkabel, dengan tujuan akhir yaitu membuat akses nirkabel terhadap Internet menjadi sebuah pelayanan universal. Hal ini biasanya dilakukan dengan memberikan broadband kota via Wi-Fi kepada bagian-bagian besar atau semua bagian dari satu area kota dengan menyebarkan sebuah jaringan sirat nirkabel. Rancangan penyebaran tersebut menggunakan ratusan router yang tersebar di tempat terbuka. Operator jaringan tersebut bertindak sebagai penyedia layanan internet nirkabel.

=========
=========

Dapatkah hal ini tercipta? dilansir serupedia, Sebetulnya, teknologi ini telah ada di berbagai kota di seluruh dunia. Namun, tidaklah cukup umum untuk dianggap mainstream. Biasanya, sebuah perusahaan swasta bekerja sama secara erat dengan pemerintah setempat untuk membangun jaringan semacam itu dan mengoperasikannya. Financing biasanya dilakukan baik oleh perusahaan swasta tersebut maupun pemerintah kota. Setelah beroperasi, layanan tersebut bisa gratis, yang didukung oleh iklan, dikenakan biaya bulanan per user atau beberapa kombinasi tertentu.

2. Terowongan Bawah Laut (Transatlantic Tunnel)

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Transatlantic Tunnel (Terowongan Bawah Laut yang Menghubungkan Amerika Eropa) adalah sebuah rencana untuk menghubungkan Benua Amerika dan Eropa melalui terowongan bawah laut. Terowongan ini mungkin dapat dibuat, mengingat sebelumnya juga sudah ada Euro Tunnel yang menghubungkan Inggris dan Eropa. Tetapi Transatlantic Tunnel menggunakan konstruksi yang berbeda dengan Euro Tunnel. Euro Tunnel menggunakan terowongan yang menembus lapisan dasar laut (di bawah tanah di dasar laut), tetapi Transatlantic Tunnel menggunakan terowongan yang melayang di lautan dengan ribuan kabel penyangga yang ditanamkan di dasar laut.

3. Kolonisasi Samudera

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Kolonisasi samudera adalah teori dan praktek pemukiman manusia secara permanen di lautan. Pemukiman semacam ini bisa mengapung di atas permukaan air, atau aman sampai ke dasar laut, atau berada di tengah-tengahnya. Keuntungan dari kolonisasi samudera ini mencakup perluasan area yang dapat dihuni dan mengembangkan akses sumber daya. Pelajaran yang diambil dari kolonisasi ini dapat diterapkan kepada kolonisasi ruang angkasa. Samudera lebih mudah untuk dikolonisasi dibanding ruang angkasa.

Dapatkah hal ini dilakukan? Ya, namun kenyataan-kenyataan ekonomi harus dipertimbangkan. Agar dapat bisa ditopang sendiri, koloni yang bersangkutan harus bertujuan untuk memproduksi sesuatu yang memegang keuntungan komparatif yang dapat diambil dari samudera terkait. Meskipun dapat menghemat biaya pembelian lahan, namun pembangunan struktur yang mengapung di samudera tersebuka membutuhkan biayanya sendiri. Salah satu kemungkinan yang paling realistis adalah pengiriman listrik dari energi pasang surut.

4. Bionika

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Bionika adalah sebuah istilah yang mengacu kepada aliran gagasan dari biologi sampai teknik dan sebaliknya. Dengan demikian, ada dua sudut pandang yang sedikit berbeda berkenaan dengan arti kata tersebut. Di bidang kedokteran, Bionika berarti pergantian atau perbaikan organ-organ atau bagian tubuh lainnya oleh versi-versi mekanis. Penanaman bionik berbeda dengan bagian badan buatan belaka dengan meniru fungsi aslinya dengan sangat persis, atau bahkan mengunggulinya.

Di bidang teknologi, Bionika mengacu kepada perkembangan teknologi-teknologi tertentu yang menduplikasikan adaptasi biologis terhadap lingkungan. Contohnya adalah rangka kapal yang menduplikasi kulit seekor lumba-lumba, atau sonar, radar, dan pencitraan ultrasuara medis yang menirukan echolocation kelelawar.

Di Indonesia sendiri Bionika dalam bidang kedokteran telah dikembangkan. Bionika adalah natur sains baru asli dari Indonesia, dibangun sejak 1974 dari riset (eksperimen) sehingga pengetahuan ini dilandaskan pada bukti yg didapat dari percobaan. Pengetahuan ini bertujuan untuk mempelajari semua fenomena metafisik (mistis, magis, supranatural, mukjizat) dengan pemikiran saintifik bukan dengan pemikiran mitologi maupun berdasarkan kepercayaan/religi tertentu.

Landasan utamanya ialah fisika dikombinasikan dengan biologi (fisiologi) dan psikologi. Dengan pengetahuan tersebut kita bisa mengaplikasikan atau implementasikan dalam banyak persoalan. Salah satu aplikasi (implementasi) teori bionika adalah, misalnya, dalam penyembuhan. Penyembuhan ini dinamakan bionic recovery (penyembuhan bionik). Efeknya yang seolah aneh, ajaib, & sulit dipahami, menyebabkan penyembuhan ini disebut dengan banyak nama sesuai anggapan, kepercayaan, dan keyakinan tiap orang. Ada yg menyebut penyembuhan metafisik, penyembuhan reiki, penyembuhan mistis, penyembuhan mukjizat, dsb.

5. Anti-Gravitasi

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Anti-gravitasi adalah gagasan penciptaan sebuah tempat atau obyek yang bebas dari gaya gravitasi. Anti-gravitasi bukan berarti kurangnya beban di bawah gravitasi yang dialami di dalam penerjunan bebas atau orbit, atau penyeimbangan tekanan gravitasi dengan tekanan lainnya, seperti elektromagnetisme atau daya angkat aerodinamis.

Anti-gravitasi bukan berarti melawan tekanan gravitasi dengan tekanan yang berlawanan dari alam yang berbeda, seperti balon helium; malah, anti-gravitasi mendorong penyebab-penyebab dasar tekanan gravitasi agar dibuat tidak ada atau pun tidak dapat berlaku bagi tempat atau obyek melalui jenis intervensi teknologis tertentu. Terapan-terapan praktis dari antigravitasi dimulai dari pengurangan biaya transportasi sampai ke manipulasi gravitasi di dalam ruang.

Dapatkah ini diciptakan? Jawaban singkatnya adalah tidak. Namun, ada teori-teori yang menunjukkan eksistensi tersebut, atau setidaknya peluang antigravitasi. Salah satu teori paling umum adalah efek Biefeld-Brown. Efek ini secara teknik bukan antigravitasi, namun merupakan duplikasi dari efek-efek tersebut. Pada dasarnya, sejumlah besar ion yang diisi positif ditarik ke elektroda halus negatif, dimana ion-ion tersebut dinetralisir lagi. Di dalam prosesnya, ribuan dampak terjadi antara ion-ion yang diisi tersebut dengan molekul-molekul udara netra di dalam celah udara, yang menyebabkan sebuah perpindahan momentum di antara keduanya, yang menciptakan sebuah tekanan jaringan berarah pada susunan elektroda.

6. Penghapus Ingatan

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Beberapa orang, kalo tidak bisa dibilang banyak orang, ingin menghapus sebagian dari kenangan yang ada pada pikiran mereka. Kenangan untuk hal-hal yang buruk, yang tentunya sangat menyakitkan dan tidak ingin diingat kembali. Bahkan percaya atau tidak, beberapa diantaranya mau membayar mahal demi terciptanya sebuah alat yang bisa menghapus kenangan. Mimpikah itu?

7. Listrik Wireless

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Ini adalah salah satu teknologi yang sudah ditemukan, walaupun cakupan nya hanya dengan menggunakan baterai. Kita memiliki semua teknologi yang berhubungan dengan wireless. Hp, internet, tablet, komputer. Namun, penemuan yang paling ditunggu-tunggu adalah listrik yang bisa masuk ke dalam semua alat elektronika secara otomatis tanpa baterai dan tanpa dicolok ke listrik. Seperti di Indonesia sudah ada yang namanya PLN prabayar. Kita tunggu saja.

8. Teleportasi

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Mungkin kah? Atau tidak mungkin? Apapun itu, ini adalah salah satu keinginan yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Dulu juga banyak orang yang berpikir bahwa alat untuk terbang itu tidak mungkin. Tapi ternyata manusia bisa melakukannya. Kembali ke masalah teleportasi, menurut saya, adalah penemuan paling dicari sepanjang masa. Dan kemungkinan besar bila terwujud, hal itu tidak akan dikomersialisasikan. Tetapi jika berencana untuk membuatnya komersial, pasti akan ada pembatasan dalam perangkat lunak dari setiap mesin teleportasi.

9. Koran Elektronik

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Microsoft dulu sudah merencanakannya, dan teknologi ini sudah bisa dinikmati dalam mesin e-book. Di smart phone juga sudah kita rasakan manfaat dari koran elektronik ini, tapi teknologi yang sudah ada ternyata tidak banyak manfaatnya. Sulit merubah hal konvensional yang sudah terjadi. Lihat aja masih ada koran yang diproduksi. Bahan yang berbasis kertas tersebut yang tentunya berasal dari pohon, mau tidak mau semakin mengikis hutan dan bisa-bisa 200 tahun lagi, jika tidak ada kesadaran, hutan2 di seluruh dunia pun habis dan licin tanpa sisa.

10. Robot Pembersih Rumah

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Satu hal yang banyak orang tidak suka adalah membersihkan rumah. Kita juga tidak perlu harus mencari pembantu untuk melakukan ini. Dan percaya atau tidak, banyak orang yang mau membayar mahal, agar penemuan ini bisa terjadi. Btw, kalo suat saat terwujud robot pembersih rumah, pertengkaran antara suami istri juga akan jarang terjadi. Benar ga ya?

11. Implan Otak

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Wew, Impossible kali ya. Seperti film matriks, tinggal ganti chip dan program di otak pun berjalan. Kita tidak perlu belajar lagi. Pasang, ganti, pasang dan ganti lagi. Semua orang akan menjadi manusia super.

12. Penerjemah Bahasa

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Orang mengucapkan bahasa Spanyol, namun kita mendengarnya bahasa Indonesia. Ada begitu banyak orang di dunia yang ingin belajar bahasa yang berbeda. Ini bisa menjadi guru atau teman berlatih. Hal ini bisa membantu mereka dalam banyak hal. Dalam mengoreksi pengucapan dan menerapkan aksen yang berbeda.

13. Auto Pilot Untuk Mobil

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Mengemudi mobil untuk satu hari, tidak masalah. Namun kalo setiap hari pasti menjengkelkan dan mengganggu. Auto pilot hanya jawaban untuk itu. Nyalakan auto pilot dan tidur sepanjang perjalanan. Google telah bekerja pada prototipe tapi saya kira kita masih jauh untuk mengubah impian ini menjadi kenyataan.

14. Mesin Make Up Otomatis

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Beberapa dari Agan mungkin tidak setuju, tetapi ini akan menjadi surga bagi wanita. Bagaimana cara kerjanya? Mesin harus memiliki kemampuan untuk menyimpan berbagai jenis make-up seperti make-up untuk pesta, make-up untuk kerja, dan make-up untuk hal-hal resmi. Jadi, hanya satu klik, mesin mulai melakukannya pada wajah orang yang berdiri didepannya. SEXY!

15. Sistem Shower

Penemuan Menakjubkan yang Akan Dikembangkan di Masa Depan

Sebuah sistem mandi yang tahu suhu tubuh kita dan berapa banyak campuran air dingin dan panas yang kita butuhkan. Setelah mandi, alat itu akan mengeringkan kulit kita dan membuat gaya rambut yang diinginkan untuk kita. Ini pasti akan menjadi surga di bumi!

Demikian pembahasan mengenai penemuan menakjubkan yang akan dikembangkan di masa depan bahkan mungkin sudah tercipta untuk saat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 

Sumber : kaskus 
Foto : Google