Lander Paling Terkenal di Dunia yang Berhasil Menempuh Jarak Terjauh dari Bumi

Lander (Pesawat Ruang Angkasa) adalah sebuah pesawat ruang angkasa yang turun menuju dan datang untuk beristirahat di permukaan badan objek astronomi. Untuk tubuh dengan atmosfer, pendaratan terjadi setelah masuk atmosfer (atau kurang tepat untuk planet lain, masuk kembali atmosfer, atmospheric reentry) dan pendarat yang pertama masuk kembali kendaraan. Dalam kasus ini pendarat dapat menggunakan parasut untuk memperlambat dan untuk mempertahankan kecepatan terminal rendah. Kadang-kadang roket mendarat kecil dinyalakan sebelum dampak untuk mengurangi dampak kecepatan. Misi Mars Pathfinder juga menggunakan airbag tiup untuk meredam dampak pendarat itu. Ketika dampak kecepatan tinggi direncanakan, pesawat ruang angkasa disebut impactor.



Lander Paling Terkenal di Dunia yang Berhasil Menempuh Jarak Terjauh dari Bumi
foto : hq.nasa.gov
Phoenix adalah sebuah wahana antariksa tak berawak dalam misi ke Mars di bawah program Mars Scout. Para ilmuwan yang terlibat dalam misi ini akan menggunakan peralatan-peralatan di atas pesawat pendarat (lander) Phoenix untuk mencari alam sekitar yang sesuai untuk kehidupan mikroorganisme di Mars, dan menyelidiki sejarah air di planet tersebut. Wahana ini diluncurkan pada 4 Agustus 2007 dan mendarat di Vastitas Borealis di Mars pada 25 Mei 2008. Phoenix adalah pendaratan keenam di Mars yang berhasil serta pendaratan sukses pertama di kawasan kutub Mars.

Philae adalah sebuah robot milik European Space Agency berupa pendarat yang dibawa oleh pesawat luar angkasa Rosetta hingga diperintahkan untuk mendarat di komet 67P/Churyumov–Gerasimenko.Pada 12 November 2014, robot tersebut berhasil mencapai inti komet. Instrumen tersebut diharapkan dapat memperoleh gambar pertama dari permukaan komet dan menjadikan analisis in situ pertama dalam menjelaskan komposisi dari komet. Pada 15 November 2014, Philae dinonaktifkan dalam mode hibernasi karena kurangnya sumber cahaya matahari pada tempat mendaratnya. Pada 13 Juni 2015, wahana ini kembali aktif dan mengirimkan sinyal ke wahana Rosetta.

Mars Deep Space 2, Impactor penyelidikan Deep Space 2 adalah menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang menembus di bawah permukaan planet lain. Namun misi tersebut gagal dengan hilangnya kapal induknya, Mars Polar Lander setelah komunikasi hilang setelah masuk ke atmosfer Mars pada tanggal 3 Desember 1999.

Deep Impact, Comet Tempel 1 dikunjungi oleh NASA Deep Impact Probe pada tanggal 4 Juli 2005. Dampak kawah yang terbentuk adalah sekitar 200 m dan lebar 30-50 m dalam, dan mendeteksi keberadaan silikat, karbonat, smectite, karbon amorf dan hidrokarbon aromatik polisiklik.

Lander Paling Terkenal di Dunia adalah sebagai berikut : 


1. Pioneer 10 

Lander Paling Terkenal di Dunia yang Berhasil Menempuh Jarak Terjauh dari Bumi
foto : en.wikipedia.org
Pioneer 10 adalah pesawat luar angkasa pertama yang melampaui sabuk asteroid, dan juga yang pertama melakukan pengamatan langsung terhadap planet Yupiter. Pesawat ini diluncurkan pada tanggal 2 Maret 1972, dan berhasil mengirimkan foto jarak dekat (close up) Yupiter pertama pada 3 Desember 1973. Pada tanggal 13 Juni 1983 Pioneer 10 melintasi orbit Neptunus dan menjadi benda buatan manusia pertama yang meninggalkan tata surya, walaupun belum melewati heliopause atau awan Oort.

2. Pioneer 11

Lander Paling Terkenal di Dunia yang Berhasil Menempuh Jarak Terjauh dari Bumi
foto : en.wikipedia.org
Pioneer 11 diluncurkan menggunakan roket Atlas-Centaur pada April 1973. Pioneer 11 adalah pesawat luar angkasa yang membawa misi meneliti Jupiter (misi Jupiter kedua setelah Pioneer 10) dan sistem tata surya luar serta misi pertama yang meneliti Saturnus serta cincin-cincin yang mengelilinginya. Diluncurkan dari Cape Canaveral pada 6 April 1973, Pioneer 11 melintasi Jupiter dari jarak 34.000 km pada 4 Desember 1974 dan berhasil mengambil foto-foto Bintik Merah Raksasa. Pioneer 11 melintasi Saturnus dari jarak 21.000 km pada 1 September 1979 dan menemukan dua bulan baru serta mengirimkan foto-foto cincin planet tersebut ke Bumi. Misi Pioneer 11 diakhiri pada November 1995. Saat itu pesawat ini berada pada jarak 44,7 AU dari Matahari. Seperti Pioneer 10, pesawat ini juga membawa serta Plakat Pioneer yang berisi pesan dari manusia. Jika pesawat ini ditemukan oleh makhluk luar angkasa, diharapkan bahwa plakat tersebut dapat memberitahukan asal usul pesawat ini kepada mereka.

3. Pesawat ulang-alik Enterprise 

Lander Paling Terkenal di Dunia yang Berhasil Menempuh Jarak Terjauh dari Bumi
foto : id.wikipedia.org
Pesawat ulang-alik Enterprise (NASA Orbiter Vehicle Designation: OV-101) adalah pengorbit pesawat ulang-alik pertama. Pesawat ini dibangun untuk NASA sebagai bagian dari program pesawat ulang-alik untuk melakukan sejumlah penerbangan ujicoba di atmosfer.[2] Pesawat ini dibangun tanpa mesin atau pelindung panas yang berfungsi, sehingga tidak mampu melakukan penerbangan antariksa. Awalnya, Enterprise akan dirombak untuk penerbangan orbit yang akan menjadikannya wahana antariksa kedua yang mengudara setelah Columbia.[2] Tetapi, selama pembangunan Columbia detail desain akhirnya berubah karena bobot badan dan sayap pesawat. Perombakan Enterprise untuk penerbangan antariksa membutuhkan pencopotan pengorbit dan mengembalikan bagian-bagiannya ke subkontraktor di seluruh Amerika Serikat. Karena ini merupakan keputusan yang mahal, Challenger ditetapkan untuk dibangun secara murah di sekitar bingkai badan (STA-099) yang dibuat sebagai benda ujicoba.[2] Enterprise dipertimbangkan untuk dirombak untuk menggantikan Challenger setelah meledak, namun justru Endeavour yang dibangun dari struktur sisa ledakan tersebut.

4. Pesawat ulang-alik Challenger

Lander Paling Terkenal di Dunia yang Berhasil Menempuh Jarak Terjauh dari Bumi
Foto : id.wikipedia.org
Challenger adalah pesawat ulang-alik NASA yang kedua. Peluncuran perdananya berlangsung pada tanggal 4 April 1983. Pesawat ini sempat menjalani misi sebanyak 9 kali sebelum akhirnya hancur berantakan pada detik ke-73 peluncuran untuk misinya yang kesepuluh dan menewaskan seluruh awak pesawat yang berjumlah tujuh orang pada tanggal 28 Januari 1986. Challenger digantikan oleh pesawat Endeavour yang melakukan peluncuran perdananya pada tahun 1992, enam tahun setelah musibah.

Astronot Challenger Mereka yang tewas ;Michael Smith,Dick Scobee,Judith Resnik,Ronald McNair,Ellison Onizuka,Gregory Jarvis dan Christa McAuliffe Misi yang Sangat Diminati Masyarakat Amerika Misi Challenger sangat diminati oleh masyarakat AS karena kehadiran guru sekolah menengah atas yang berasal dari New Hampshire, Christa McAuliffe-orang pertama yang berasal dari masyarakat biasa-dan pelantikan program Guru di Ruang Angkasa NASA. McAuliffe dijadualkan untuk memberi pengajaran dari ruang angkasa kepada murid-muridnya, sebuah program yang inovatif dan mencengangkan yang dapat membangkitkan antusiasme sangat besar dikalangan pendidik dan siswa.

5.Pesawat ulang-alik Discovery

Lander Paling Terkenal di Dunia yang Berhasil Menempuh Jarak Terjauh dari Bumi
foto : id.wikipedia.org
Pesawat ulang-alik Discovery (kode pesawat NASA: OV-103) adalah sebuah pesawat ulang-alik (Space Shuttle) NASA. Pertama kali diterbangkan pada 30 Agustus 1984, Discovery adalah pesawat ulang-alik ketiga dan yang tertua yang masih dioperasikan hingga saat ini. Fungsi-fungsinya adalah untuk misi-misi penelitian dan pemasangan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Nama Discovery berasal dari nama HMS Discovery, sebuah kapal yang pernah digunakan sang penjelajah, James Cook. Hingga Juli 2005, Discovery telah mengadakan 31 penerbangan, menghabiskan 241,95 hari di angkasa, menyelesaikan 3.808 orbit dan terbang sejauh 158.859.429 km.

Discovery adalah pesawat ulang-alik yang meluncurkan Teleskop Hubble. Selain itu, pada 29 Oktober 1998, pesawat ini juga membawa astronot John Glenn yang saat itu berusia 77 tahun, ke angkasa, membuatnya menjadi manusia tertua yang pernah mengangkasa. Dalam misi luar angkasa pertama NASA setelah meledaknya Columbia, STS-114, ditemukan bahwa sepotong busa untuk insulasi lepas dari pesawat saat peluncuran. Misi yang berlangsung dari 26 Juli 2005 tersebut berhasil diselesaikan pada 9 Agustus 2005, sehari terlambat dari jadwal. Setelah kejadian tersebut, NASA menunda seluruh peluncuran yang telah direncanakan hingga masalahnya dipecahkan. Pada tanggal 4 Juli 2006, NASA tetap meluncurkan pesawat angkasa luar Discovery, meskipun sebelumnya timbul kekhawatiran karena munculnya gangguan teknis pada tubuh pesawat. Discovery rencananya akan dipensiunkan pada tahun 2010.

Sebuah ungkapan mengatakan jika luasnya angkasa adalah ibarat bentangan pantai yang pasir-pasirnya dimisalkan sebuah gugusan bintang. Sangat luas dan mungkin seberapa besarnya takkan pernah bisa kita mengukurnya. Meskipun demikian namun rasa penasaran untuk menelusuri tiap jengkalnya takkan pernah mati.

Akhirnya diterbangkan lah deretan pesawat-pesawat ruang angkasa untuk memuaskan rasa penasaran tersebut. Dimulai sejak beberapa dekade lalu sampai hari ini, sudah banyak hal yang didapatkan. Mulai dari misteri Saturnus yang bercincin sampai Jupiter yang punya badai gila tiap menitnya. Tak hanya memberikan informasi penting, beberapa pesawat ruang angkasa justru terus terbang dan mencatatkan namanya sebagai obyek asal Bumi yang terbang paling jauh.

Dilansir dari boombastis.com Inilah pesawat yang memecahkan rekor tersebut. Beberapa dari mereka sudah berhenti beroperasi, namun yang lainnya masih tetap terbang menjauh menuju antah berantah yang takkan pernah terjamah pikiran manusia.

Berikut Lander yang berhasil menempuh jarak terjauh dari Bumi 


1. Galileo

Lander Paling Terkenal di Dunia yang Berhasil Menempuh Jarak Terjauh dari Bumi
Pesawat ini yang pertama memasuki orbit Jupiter
Pesawat ini diluncurkan pada tahun 1990 dan berhasil mencatatkan jarak terjauh saat itu. Galileo untuk pertama kalinya berhasil mendapatkan potret Jupiter dengan jarak yang sangat dekat. Bahkan ia berhasil memasuki Juvian System atau deretan bulan-bulannya Jupiter. Galileo sendiri adalah pesawat yang cukup canggih di zamannya. Ilmuwan menggunakan semacam panel surya sebagai pasokan energi utamanya. Tahun 2012 lalu NASA kembali meluncurkan pesawat ruang angkasa untuk mengintai Jupiter. Bernama Juno, pesawat ini direncanakan bakal sampai di planet terbesar di tata surya itu pada 2016 mendatang.

2. Cassini

Lander Paling Terkenal di Dunia yang Berhasil Menempuh Jarak Terjauh dari Bumi
Berkat Cassini kita tahu penampakan lebih jelas Saturnus
Cassini merupakan salah satu ekspansi besar NASA yang bisa dibilang cukup berhasil. Tujuan diluncurkannya sendiri agar peneliti bisa mendapatkan gambaran yang lebih bagus tentang Saturnus. Cassini melakukan tugasnya dengan baik dan menjadi pesawat satu-satunya yang mampu mendekati si planet cincin. Cassini diluncurkan 2008 lalu dan tiap tahunnya ia mengirimkan ribuan foto penting yang sebelumnya tak pernah diketahui oleh peneliti. Foto-fotonya sendiri kebanyakan tentang cincin Saturnus, bulan mereka dan juga lingkungan planet terbesar kedua tersebut.

3. New Horizons

Lander Paling Terkenal di Dunia yang Berhasil Menempuh Jarak Terjauh dari Bumi
New Horizons menempuh jarak 3 miliar mil dan
pernah jadi rekor yang tak terpecahkan
3 miliar mil sudah jarak yang ditempuh oleh pesawat New Horizons. Jarak ini bisa dibilang yang terjauh sepanjang sejarah keantariksaan. New Horizon hampir menyentuh pluto yang bisa dibilang obyek tata surya terjauh dari Bumi. Pesawat ini pun berhasil memotret banyak sekali fenomena unik yang tak pernah dibayangkan oleh manusia. Sayangnya, untuk bisa mendapatkan gambar-gambar penting dari New Horizons, setidaknya NASA harus menunggu selama 16 bulan. Dari jarak sejauh itu tentu saja mengirim gambar juga pasti bakal super lama.

4. Pioneer 11

Lander Paling Terkenal di Dunia yang Berhasil Menempuh Jarak Terjauh dari Bumi
Pioneer 11 mungkin saat ini berada di jarak yang jauhnya belum bisa terbayangkan oleh manusia
Pesawat ruang angkasa ini diluncurkan NASA pada tahun 1973. Tujuannya sendiri agar ia mampu mendapatkan gambar-gambar di antara Jupiter dan Satunus. Sayangnya, pada tahun 1995 NASA kehilangan kontak dengan Pioneer 11. Peneliti menduga jika Pioneer 11 masih terus melanjutkan perjalanannya. Namun sudah mencapai mana itu yang jadi pertanyaannya. Sudah 20 tahun sejak 1995 hingga sekarang, mungkin Pioneer 11 sudah mencapai tempat yang sudah tak bisa lagi dibayangkan manusia.

5. Voyager 2

Lander Paling Terkenal di Dunia yang Berhasil Menempuh Jarak Terjauh dari Bumi
10 miliar mil jarak yang sudah ditempuh Voyager
Voyager 2 diluncurkan tahun 1977 lalu dan hingga saat ini masih tetap mengudara. Jika dihitung, mungkin jarak yang sudah ditempuhnya sekitar 10 miliar mil dari Bumi. Jarak ini tercatat sebagai yang paling jauh yang bisa dicapai pesawat buatan manusia. Sayangnya, kemungkinan besar Voyager 2 takkan pernah kembali. Padahal mungkin saja lewat pesawat ini bakal ditemukan banyak bukti mencengangkan.

6. Voyager 1

Lander Paling Terkenal di Dunia yang Berhasil Menempuh Jarak Terjauh dari Bumi
Pesawat ini bahkan pernah mampir di Interstellar
Voyager 2 sempat memegang rekor sebagai benda buatan manusia yang terbang paling jauh dari Bumi. Namun, pencapaian ini kemudian dikalahkan oleh Voyager 1 yang berhasil terbang sampai interstellar yang berada setelah Jupiter dan Saturnus. Voyager juga masih mengudara hingga sekarang. Diperkirakan pesawat ini masih akan terus beroperasi hingga pada tahun 2025 nanti.

Sejauh inilah jarak yang bisa dicapai oleh pesawat ruang angkasa manusia. Jarak tersebut bahkan terlalu pendek jika dibandingkan jagat raya yang begitu luas. Namun yang jelas manusia takkan pernah berhenti sampai sini. Di tahun-tahun mendatang, mungkin banyak capaian yang lebih gila lagi bakal direngkuh. Entah itu menuju bintang lain selain matahari, atau bahkan sampai di galaksi tetangga, Andromeda.

Demikian sedikit ulasan mengenai Lander Paling Terkenal di Dunia yang Berhasil Menempuh Jarak Terjauh dari Bumi, mudah-mudahan bermanfaat, terima kasih.

Sumber : boombastis.com