10 Kenangan Era 90-an yang Tergantikan oleh Internet atau Media Sosial

 10 Kenangan Era 90-an yang Tergantikan oleh Internet atau Media Sosial
Betapa beruntungnya orang-orang yang pernah merasakan hal-hal yang menjadi populer pada jaman itu, dalam artian mereka pernah merasakan keseruan bagaimana berkomunikasi dengan menggunakan buku diary, mengirim surat dengan sahabat penanya, menjawab tugas harus membuka buku satu persatu, mencari kerja pun harus masuk dari satu pintu perusahaan ke pintu perusahaan lain. 

Demikian pula dengan hal-hal yang dianggap keren kala itu. Mungkin gaya busana atau mainan era 90-an dianggap jadul dan jadi bahan tertawaan anak sekarang. Tapi jangan salah, itulah tren yang terjadi waktu itu. Mereka sangat bangga dan gembira dengan tren tersebut seperti halnya anak zaman sekarang dengan gadgetnya. 

Era 90-an sangat minim sekali yang namanya teknologi, bayangkan betapa beratnya mencari informasi di era itu, sehingga hal-hal yang populer saat itu menjadi sangat indah bila dikenang. Sangat jauh berbeda dengan jaman sekarang, dimana gadged, media sosial, dan juga internet tidak pernah terlepas dalam kesehariannya. 

Hal-hal apa saja yang menjadi kenangan atau keseruan pada era 90-an yang sudah tergantikan oleh internet atau media sosial? 


1. Buku Diary dengan Blogger dan Tumblr 


Buku Harian atau Diary adalah catatan kejadian yang kita alami sehari-hari. Kita menulis kejadian yang mengesankan pada hari ini pada buku diary. Fungsi diary adalah sebagai kenangan masa-masa yang pernah kita alami. Bisa juga sebagai momento/sejarah kehidupan kita. Seiring dengan perubahan zaman yang terlalu cepat sehingga perubahan tersebut membuat individu semakin stress entah dengan kariernya atau keluarganya, Diary atau buku harian pun berubah fungsi dari sekedar menyimpan kenangan menjadi sebuah media untuk mencurahkan perasaan seseorang atas masalah yang dihadapinya. Menurut Alice D. Domar, menulis buku harian adalah sebuah langkah untuk mengungkapkan emosi dan perasaan kita dan membantu kita untuk merawat pikiran kita. Juga dengan berkembangnya teknologi, dulunya buku harian bersifat pribadi dan rahasia, kini lewat Blog / Tumlr peraturan itu telah berubah menjadi umum dan berharap agar semua orang membacanya.


2. Album Foto dengan Instagram


Album foto adalah sumber kenangan, tertulisnya tidak di pesan tapi di hati. Suatu Kebanggaan ketika kita memajang foto keluarga di dinding dan mengoleksi foto mereka bersama sahabat maupun keluarga dalam sebuah album untuk di kenang setiap saat. Tetapi masa-masa itu telah lewat dan digantikan oleh yang namanya Instagram. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri, semua orang bahkan berlomba lomba agar foto mereka banyak yang melihatnya.







3. Layar Tancap dengan Youtube


Layar tancap adalah pertunjukan film di alam terbuka dengan layar yang tiangnya ditancapkan di tanah. Biasanya diadakan di lapangan yang cukup besar sehingga muat untuk menampung banyak penonton. Kehadiran layar tancap selalu disambut gembira dan pada masa itu memang segalanya nampak sederhana. Hiburan hanya berupa saluran radio dan televisi yang hanya diisi satu stasiun televisi. Tontonan berkualitas sangat sulit di jumpai pada era 90-an. Televisi pun masih jarang yang memilikinya, jadi satu satunya tontonan mereka adalah Layar Tancap. Tidak seperti sekarang, untuk melihat trailer film, music video, atau video tutorial sudah gampang untuk di akses, tinggal klik youtube selesai.





4. Komunikasi Langsung dengan BBM / Line / Whatsapp


Komunikasi langsung adalah komunikasi yang dilakukan secara face to face (tatap muka). Selain itu juga, komunikasi langsung dapat dilakukan dengan cara melakukannya melalui telepon. Jadi dapat dikatakan bahwa komunikasi langsung merupakan salah satu cara berinteraksi antara seseorang dengan orang lain secara langsung. Namun sekarang komunikasi tidak harus langsung karena berkat adanya media seperti BBM / Line / Whatsapp yang bisa berkomunikasi kapanpun, dimanapun dengan mudah. 









5. Album Sekolah dengan Facebook 


Album Sekolah adalah media atau forum berisikan tentang seputar album kenangan sebagai media silaturahmi. Pada era 90-an album sekolah adalah sebuah media yang sangat populer untuk dijadikan kenang-kenangan dimasa sekolahan. Kalau ingin berhubungan kembali dengan kawan sekolah yang sudah lama sekali tidak ketemu, pasti anak jaman 90-an bakal membolak balik halaman album sekolah dan mencari alamat teman yang ingin mereka kunjungi. Cukup merepotkan bukan? Tapi, mudah sekali melakukan hal itu bagi anak masa kini. Hanya tinggal cari nama teman kalian di facebook, kirim permintaan pertemanan, kemudian di terima, langsung deh mengobrol dengannya.




6. Iklan lowongan Kerja dengan LinkedIn


Koran menjadi salah satu media untuk mencari lowongan kerja pada saat itu. Iklan lowongan kerja di koran menjadi informasi yang sangat menarik dan sangat diperlukan. Ketika informasi didapat mulailah menuju masuk ke setiap perusahaan dengan membawa lamaran kesana kemari. Namun sekarang, sudah ada LinkedIn yang dengan mudahnya mencari pekerjaan, dan perusahaan bisa dengan langsung melihat profil kita. LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.





7. Surat Menyurat dengan Email


Secara umum surat adalah suatu sarana untuk menyampaikan informasi atau pernyataan secara tertulis kepada pihak lain baik atas nama pribadi (sendiri) ataupun karena kedinasan. Surat juga merupakan wakil resmi dari yang mengirim untuk membicarakan masalah yang dihadapi. Secara singkat dapat diketemukan bahwa surat adalah alat komunikasi penting dalam tata kerja tata usaha. Apabila terjadi hubungan surat menyurat secara terus menerus dan berkesinambungan, maka kegiatan ini disebut surat menyurat atau lazimnya korespondensi. Awal 90-an memang masih jarang yang tahu dengan instant massaging, jadi mereka menggunakan media surat dan kantor pos untuk berkomunikasi jarak jauh. Tapi, mereka juga harus menunggu beberapa hari agar pesan mereka sampai di tujuan. Namun, sekarang sudah ada email, kirim sekarang langsung bisa di terima ke orang yang dituju. 


8. Pager dengan Twitter


Radio panggil lebih dikenal dengan sebutan pager yaitu alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Radio panggil numerik satu arah hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja, khas layaknya sebuah nomor telepon yang digunakan penggunanya untuk menelepon. Radio panggil alphanumerik juga tersedia dengan sistem dua arah dapat mengirim pesan melalui surat elektronik atau SMS (short message service). Twitter menjadi pengganti pager untuk saat ini, Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. 


9. Klipping dengan Pinterest


Kliping yaitu suatu kegiatan yang menggunting atau memotong bagian-bagian tertentu dari media cetak, seperti : majalah, Buku, Koran, tabloid atau sumber  lain, yang kemudian disusun dalam sistem tertentu pada suatu bidang. Singkatnya, kliping merupakan suatu sumber informasi yang termuat dari kumpulan hasil pemotongan atau hasil guntingan-guntingan bagian dari sumber lain yang disusun sedemikian rupa berdasarkan seni yang bmembuatnya. Pinterest mengganti peranan kliping pada saat ini, yaitu virtual pinboard dimana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang bisa di customize namanya. Semisal kategori 'food and drink' dimana berisi foto dan gambar makanan dan minuman yang Anda sukai.


10. Yellow Page dengan Foursquare dan Google+


Yellow Pages adalah buku petunjuk telepon Telkom yang diterbitkan oleh perusahaan penyedia layanan informasi telepon pertama di Indonesia. Ketika ingin mencari alamat suatu perusahaan, pasti bakal mencari satu persatu di buku kuning dan berharap nama perusahaan tersebut ada di dalamnya. Tepi itu dulu, sekarang di foursquare dan google+ tidak hanya alamatnya saja, tapi juga rating suatu perusahaan dalam pelayanannya. Foursquare adalah sebuah situs web jejaring sosial berbasis lokasi yang bergantung pada perangkat lunak untuk peralatan bergerak. Layanan ini tersedia kepada pengguna dengan peralatan bergerak yang dilengkapi GPS, seperti telepon pintar. 

Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba. Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak. Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS. Media massa seperti The New York Times telah menyatakan bahwa Google+ adalah upaya terbesar Google untuk menyaingi jaringan sosial Facebook, yang telah mempunyai lebih dari 750 juta pengguna pada tahun 2011.

Itulah 10 Kenangan Era 90-an yang Tergantikan oleh Internet atau Media Sosial yang mungkin sudah jarang bisa ditemui pada jaman sekarang. Dengan berkembangnya Teknologi maka beberapa hal juga harus dikorbankan seperti yang telah dijelaskan di atas. Jadi apabila kalian pernah melakukan dan mengalami hal-hal tersebut, sudah menjadi bukti kalau kita hidup di era yang jauh lebih modern daripada dulu. Semoga bermanfaat dan menjadi kenangan tersendiri bagi agan/sis sekalian.

Sumber : kaskus.co.id