Penemu-penemu Komputer & Hardwarenya

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. 

Komputer pertama Charles Babbage tahun 1822
Untuk saat ini perkembangan komputer sangat cepat, tidak asing lagi bagi semua golongan. Lalu timbul pertanyaan siapakah pertama kali menciptakan komputer ? Sebenarnya komputer terbagi dalam lima generasi. Masing-masing generasi ditemukan pada tahun yang berbeda, serta orang yang berbeda pula. Namun yang jelas, cikal bakal komputer ditemukan oleh Charles Babbage. Seorang pakar matematik itu berhasil menemukan sebuah mesin hitung yang disebut komputer pada tahun 1822. 


Penemu Komputer Pertama


Charles Babbage, penemu  komputer pertama
Charles Babbage berhasil menemukan perangkat elektronik yang dapat membantu manusia dalam melakukan perhitungan matematika yang rumit. Belum selesai dituntaskan, alat ini pun dimuseumkan di London Museum of Science. Dari sinilah cikal bakal terciptanya perangkat komputer yang kini memegang peranan penting dalam menunjang aktivitas manusia sehari-hari.

Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry melakukan kolaborasi untuk menciptakan mesin hitung dengan menggunakan teknologi komputer digital elektronik pertama di dunia pada tahun 1937. Operasi yang dapat dilakukan dalam komputer ciptaan mereka hanya penjumlahan dan pengurangan yang diberi nama dengan ABC (Atanasoff-Berry Computer).    

Selanjutnya seorang ilmuwan Inggris bernama Alan Turing berhasil menciptakan alat elektronik dengan teknologi digital pada tahun 1943. Alat tersebut dibuat untuk menjajal menerobos kode pertahanan Jerman pada Perang Dunia II. Kemudian pada 1945, giliran Dr. John von Neumann menuliskan sebuah konsep penyimpanan yang pada waktu itu hanya sebatas ide. 

Von Neumann diabadikan namanya sebagai arsitektur von Neumann, yaitu arsitektur komputer yang banyak digunakan di sebagian besar sistem komputer non paralel, karena dialah yang pertama kali mempublikasikan konsep tersebut. Meski konsep ini kemudian dikembangkan oleh J. Presper Eckert dan John William Mauchly dalam pengembangan komputer ENIAC, nama von Neumann lah yang lebih dikenal sebagai penemu arsitektur komputer tersebut.

ENIAC, di Moore School, Sumber foto: id.wikipedia.org
Satu tahun berikutnya, Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. mencoba menciptakan komputer dalam skala besar pertama di dunia. Percobaan sekaligus penciptaan ini pun dikenal dengan istilah ENIAC (Electronic  Numerical Integrator And Computer). Nah, pada masa ini lah mereka berdua dianggap oleh masyarakat internasional sebagai penemu komputer pertama di dunia. 

Selebihnya, ENIAC memiliki bobot sekitar 30 ton yang terdiri atas 18 ribu tabung lampu berupa transistor berukuran besar. ENIAC yang dioperasikan pada skala besar ini pun memiliki luas berukuran 30 kaki × 50 kaki. Untuk sumber tenaga, komputer ini menggunakan daya sebesar 160 ribu watt. Pertama kali dinyalakan, tepatnya pada saat percobaan komputer ini pun mendadak mati.

ENIAC bukanlah alat hitung elektronik yang hanya dapat beroperasi pada penjumlahan dan pengurangan. Mauchly dan Presper mencoba mengembangkan teknologi yang digunakan sehingga mampu menjalankan program-program sederhana. Secara resmi kemudian dunia menganggap penemuan kedua ilmuwan ini sebagai komputer pertama di dunia.

Penemu Hardware Pertama

1. Keyboard 

Christopher Latham Sholes,  foto : americana-plus.tumblr.com
Pada tahun 1858, Christopher Latham Sholes adalah penemu mesin ketik dan keyboard Qwerty. Beliau lahir di Mooresburg, Pennsyvania-AS. Hollerith mengembangkan cara untuk membuat pemicu sebuah koneksi eletrik untuk alat perhitungan dan penyimpan informasi. Cara ini berasal dari ide bahwa data dapat di kodekan dengan angka. Dia melihat bahwa data dapat diletakkan (lubang) pada lokasi yang spesifik pada sebuah kartu (punched card). Kemudian kartu tersebut dapat dihitung atau diurutkan dengan mesin. Dan juga data dapat disimpan. Ini adalah ide dasar dari komputer zaman sekarang.
foto americana-plus.tumblr.com

2. Transistor 

William Shockley, penemua Transistor
Transistor adalah alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya. Transistor, komponen yang mengubah wajah dunia, memungkinkan ukuran peralatan elektronika makin kecil dan kompak dan konsumsi daya rendah, juga mengawali era elektronika digital.

Bardeen, Shockley, Brattain 1948
Pada tahun 1947, William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain mengembangkan sebuah alat bernamakan transistor. Nah, transistor yang berhasil ditemukan tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil. Sampai saat ini perkembangan komputer berukuran lebih kecil dibandingkan komputer pertama sebelumnya.(foto en.wikipedia.org 

3. RAM (Random Access Memory)

Robert Dennard, penemu RAM pertama
RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory ditemukan oleh Robert Dennard dan diproduksi secara besar – besaran oleh Intel pada tahun 1968, jauh sebelum PC ditemukan oleh IBM pada tahun 1981. Dari sini lah perkembangan RAM bermula. Pada awal diciptakannya, RAM membutuhkan tegangan 5.0 volt untuk dapat berjalan pada frekuensi 4,77MHz, dengan waktu akses memori (access time) sekitar 200ns (1ns = 10-9 detik).


Beberapa jenis RAM. Dari atas ke bawah: DIP, SIPP, SIMM 30 pin,
SIMM 72 pin, DIMM, DDR DIMM.
Jenis-jenisnya RAM yang telah dikembangkan sampai sekarang :
  • SRAM (Static Random Access Memory)
  • NV-RAM (Non-Volatile Random Access Memory)
  • DRAM (Dynamic Random Access Memory)
  • FPM DRAM (Fast Page Mode Dynamic Random Access Memory)
  • EDO RAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory)
  • DR DRAM (Direct Rambus Dynamic Random Access Memory)
  • SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)
  • DDR (Double Data Rate)
  • DDR2 (Double Data Rate 2)
  • DDR3 (Double Data Rate 3) 
4. Trackball 

Trackball pertama
Trackball adalah peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Bola jejak umumnya terdapat pada tetikus modern. Bola jejak menyimulasikan pergerakan vertikal tetikus, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.

Trackball pertama kali diciptakan pada tahun 1952. Jauh sebelum mouse (menggunakan 2 buah roda kecil) diciptakan oleh Douglas Engelbart pada tahun 1963. Pencipta trackball adalah Tom Cranston dan Fred Longstaff. Penciptaan trackball saat itu merupakan bagian dari sistem informasi medan perang terkomputerisasi yang disebut DATAR, yang digunakan oleh militer Kanada. Trackball pertama ini berukuran besar. Kira-kira sebesar ukuran bola bowling.

5. Hard Disk  

Hard Disk pertama
Hard Disk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data. Hard disk pertama yang lahir ke dunia ini adalah Hard disk yang ditawarkan oleh IBM pada tahun 1956, memiliki berat 500Kg dan hanya menawarkan kapasitas sebesar 5MB. Reynold B. Johnson merupakan penemu dari hardisk dan disebut sebagai "father of disk drive". 

6. Integrated Circuit

Sirkuit terpadu Atmel Diopsis 740 
Integrated Circuit (IC) adalah komponen yang dipakai sebagai otak peralatan elektronika. Pada komputer, IC yang dipakai adalah mikroprosesor. Dalam sebuah mikroprosesor Intel Pentium 4 dengan ferkuensi 1,8 trilyun getaran per detik terdapat 16 juta transistor, belum termasuk komponen lain.

Penemuan awal sirkuit terpadu dimulai sejak tahun 1949, ketika engineer Jerman Werner Jacobi (Siemens AG), lalu pada tahun 1958 Jack Kilby & Robert Noyce mengajukan kepada US Army yang telah disatukan dan dihubungkan dengan kabel untuk membentuk kisi 2 atau 3 dimensi. Tetapi, seiring berjalannya proyek ini, Kilby memikirkan sebuah ide lain yang sekarang dikenal sebagai sirkut terpadu/Integrated Circuit.  

7. Mouse 

Mouse pertama yang dibuat oleh  Douglas Engelbart
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer selain papan tombol. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus. 

Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

8. Laser Printer

Penemu-penemu Komputer & Hardwarenya
Laser printer pertama
Printer laserjet adalah jenis printer yang menggunakan toner (tinta bubuk) sebagai media untuk mencetak data, sebagian dari mesin printer laserjet menyerupai mesin photo copy. Dengan daya cetak yang cukup banyak yang dapat mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Serta kualitas cetak yang menyerupai dengan aslinya. Printer laser warna memiliki cara kerja yang lebih kompleks karena selain memiliki lebih dari satu skema photoreceptor, juga harus tepat alignment antar warnanya.

Berawal dari Penemuan mesin fotokopi oleh Chester Carlson (1906-1968) penemu asal Amerika yang menginspirasikan seorang peneliti muda dari Xerox Webster Research Center di Rochester yang bernama Gary Starkweather. Pada saat itu Gary sedang duduk di Lab miliknya berfikir seandainya jika proses pencetakan dilakukan dari komputer?. Berdasarkan ide tersebut maka lahirlah Printer Laser. Namun ide ini ditentang oleh Xerox manajemen dan meminta agar Gary menghentikan upayanya. Namun semangat Gary tidak putus sampai disana, dia lalu berusaha dengan cara lain secara diam-diam dia terus meneliti dan akhirnya pada tahun 1969 Prototipe sudah siap yang dibangun dengan cara memodifikasi Xerographic yang ada. Starkweather akhirnya berhasil menciptakan printer Laser yang berupa mesin fotokopi yang sudah dimodikasi dengan system prncitraan dihilangkan dan diperkenalkan spinning drum dengan 8 sisi yang berhadapan.  

9. Floppy Disk


Floppy disk
Floppy Disk (Disk Drive) adalah alat untuk membaca disket sebagai tempat menulis dan menyimpan data serta menjalankan sistem operasi dan aplikasi. Pada tahun 1990-an sampai dengan 2002 masih banyak menggunakan disket sebagai media penyimpanan data dan menjalankan sistem operasi dan aplikasi.

Floppy Disk merupakan hasil penemuan seorang insinyur IBM yaitu Alan Shugart (1970), disk pertama di rancang untuk memuat microcode ke dalam pengendali {controler} file disk merlin {IBM 3330} {perangkat penyimpanan 100 MB}. Sehingga, sebenarnya floppy pertama di gunakan untuk mengisi tipe penyimpanan data di perangkat lain. Kemudian di temukan lagi penggunaan tambahan floppy disk yaitu membuatnya menyimpan program baru dan media penyimpanan file.

10. Microprocessor 

Mikroprosesor Pertama
Microprocessor adalah sebuah komponen rangkaian elektronik terpadu yang terdiri dari rangkaian aritmatik, logik dan kontrol yang diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi sebuah CPU (Central Processing Unit) dari sebuah komputer digital. Rangkaian elektronika terpadu tersebut dapat menerjemahkan dan menjalankan instruksi dari sebuah program serta menangani operasi aritmatik. 

Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel, microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Perancang pertama chip tersebut adalah Ted Hoff dan Federico Faggin dari Intel dan Masatoshi Shima dari Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.

Demikian info mengenai Penemu-penemu Komputer & Hardwarenya, masih banyak yang belum kami uraikaan mudah-mudahan bermanfaat, terima kasih.

Referensi : id.wikipedia.org