Solusi Jitu Memori Android Penuh

Semakin banyaknya aplikasi menarik memang sering membuat kita tidak sadar kalau memori Android terbatas. Belum lagi kecanggihan kamera yang membuat kita untuk selalu mengambil gambar. Nah, karena hal-hal tersebut, seringkali memori Android tiba-tiba jadi penuh. Alhasil, mau tidak mau dan rela tidak rela kita harus menghapus banyak file termasuk uninstall beberapa aplikasi. Tapi anehnya, meskipun sudah menghapus file dan uninstall aplikasi, memori Android tetap saja terbilang penuh. Kalau sudah begini pasti jadi pusing kan?

Memori Android Penuh & Cara Mengatasinya
Pada dasarnya, pengguna Hp dengan OS berlogo robot hijau ini dapat melakukan beberapa cara untuk memperluas ruang memori yang hampir penuh. Namun sebelumnya perlu kita ketahui menggunakan seluruh kapasitas memori internal pada hp android dapat berdampak pada kinerja ponsel dan hasilnya ponsel akan menjadi lemot.

Untuk mengatasi masalah ini. Beberapa caranya adalah sebagai berikut:

Bersihkan Cache Aplikasi


Menghapus Cache Aplikasi
Cache dalam aplikasi android adalah data-data yang disimpan masing-masing aplikasi dalam memori internal Android. Cache ini berfungsi untuk membuat aplikasi berjalan dengan cepat. Tapi cache inilah yang selalu membuat memori internal Android jadi penuh, maka dari itu kita harus membersihkannya. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Buka ‘Pengaturan’ (Setting)
2. Pilih ‘Aplikasi’ (Application)
3. Pilih ‘Kelola Aplikasi’ (Manage Application)
4. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya
5. Setelah itu tekan tombol ‘Hapus Cache’. (Clear Cache)
Untuk mempermudah melakukan hal ini anda juga dapat memanfaatkan beberapa aplikasi khusus yang berfungsi untuk melakukan pembersihan cache di Android. Salah satunya adalah History Eraser.

Hapus folder .thumbnails


Menghapus Folder .thumbnails
Cara selanjutnya adalah menghapus folder .thumbnails.  Jadi folder .thumbnails ini adalah folder yang berisi duplikat foto yang ada di galeri. Meskipun kamu sudah menghapus fotomu, tapi duplikatnya masih tetap ada. Nah folder inilah yang membuat memori Android jadi penuh. Untuk itu kamu perlu menghapusnya. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Buka File Manager
2. Pilih memori internal
3. Buka folder DCIM
4. Hapus folder .thumbnails
Meskipun sudah dihapus, nantinya folder ini akan muncul kembali seiring kita membuka-buka Galeri dan bisa menghapusnya lagi.

Pindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal/ SD Card


Memindahkan Memori Eksternal atau SD Card
Kita bisa memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal sehingga memori 
1. Buka ‘Pengaturan’ (Setting)
2. Pilih ‘Aplikasi’ (Application)
3. Pilih ‘Kelola Aplikasi’ (Manage Application)
4. Pilih aplikasi yang ingin kamu pindahkan
5. Tekan tombol Move To SD Card
Jika pada informasi aplikasi tidak dapat ditemukan tulisan “Move to SD card” dan adanya tulisan “Move to Phone” berarti aplikasi sudah terinstall di SD card, jadi tidak perlu anda pindah lagi. Perlu diperhatikan juga bawah tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke memori internal.

Cara kedua ialah bagi pengguna hp Android selain OS Froyo dan Gingerbread, Anda dapat memindahkan aplikasi dari memori hp/ internal ke memori eksternal dengan bantuan aplikasi Link2SD.

Hapus file Sent WhatsApp


Hapus File Sent WhatsApp
Kalau kita memiliki aplikasi WhatsApp di Android, tidak heran jika memori internal Android jadi cepat penuh. Aplikasi WhatsApp ini memang menyedot kapasitas memori yang cukup besar. Kita bisa menonaktifkan fitur auto download agar tidak semua gambar yang terkirim pada kita akan terdownload. Selain itu, ada folder tersembunyi yang tanpa kita sadari membuat memori internal.  
1. Buka File Manager
2. Pilih Memori Internal lalu pilih folder WhatsApp
3. Selanjutnya pilih Media – WhatsApp Image – Sent.
Nah folder Sent inilah yang harus kita hapus. Folder ini merupakan tempat tersimpannya file yang kita kirim kepada teman-teman dalam aplikasi WhatsApp.

Masalah RAM penuh atau hampir penuh ini biasanya terjadi di smartphone Android dengan kapasitas RAM 512 MB. Apalagi RAM tersebut juga sudah terpakai secara otomatis hampir separuhnya untuk menjalankan program Android, seperti menu.

Smartphone Android kita juga sering mengalami RAM penuh? Ikuti beberapa trik berikut untuk mengatasinya:

1. Tutup aplikasi


Terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan akan menyebabkan kapasitas RAM jadi penuh. Untuk mengatasinya kamu harus menutup aplikasi yang sedang aktif di bagian latar belakang atau background. Caranya cukup dengan menekan tombol menu sebelah kanan, lalu bersihkan semua aplikasi yang muncul di layar dengan cara digeser ke kiri atau kanan.

2. Paksa berhenti


Cara berikutnya adalah dengan mematikan aplikasi secara paksa. Pilih menu “Settings”, lalu pilih menu “App”. Di sini kamu bisa melihat aplikasi mana saja yang sudah terinstall beserta besarnya memori masing-masing aplikasi. Pilih aplikasi yang tidak terpakai, kemudian tekan menu “Paksa berhenti” atau “Force Stop”. Dengan begitu aplikasi akan tertutup.

3. Hapus aplikasi


Jika dua cara di atas tetap tidak berpengaruh, kamu bisa melakukan langkah menghapus aplikasi. Caranya adalah pilih menu Settings dan pilih aplikasi yang ingin dihapus. Aplikasi yang menguras RAM biasanya aplikasi online dan juga game. Hapus yang kiranya sudah tidak dibutuhkan lagi.

4. Format


Android kamu masih bermasalah? Kamu bisa pilih langkah terakhir yakni format. Namun perlu diingat, cara format ini akan menghapus semua data yang ada di smartphone Android. Mulai dari aplikasi, notes, SMS, game, foto, dll. Jadi pastikan dulu kamu sudah punya back up semua data tersebut. Dengan cara format ini kapasitas RAM akan kembali ke awal.


Sekian ulasan mengenai Solusi Jitu Memori Android Penuh. Semoga bermanfaat!