Microsoft Office 2016 Menambah 10 Fitur Baru

Microsoft Office 2016

PEMBARUAN Microsoft Office dirilis setiap tahun dan telah menjadi senjata andalan Microsoft untuk memperkuat posisinya sebagai raja software PC. Tahun ini Microsoft melengkapinya dengan kembali merilis versi baru,  Office 2016, yang sudah tersedia di Indonesia.
Microsoft Indonesia yang diwakili oleh Lucky Gani, Microsoft Office Business Group Head, Microsoft Indonesia, mendemonstrasikan beragam fitur baru yang siap ditawarkan bagi para konsumen.

Demo tersebut difokuskan pada 10 fitur unggulan yang paling umum digunakan. Apa saja? 

Co-Authoring
Dengan fitur Co-Authoring para pengguna kini bisa bekerja dengan orang lain secara bersamaan mengerjakan sebuah dokumen (Word, Powerpint, Excel)  terlepas dari perangkat yang digunakan.

Integrasi dengan Skype
Skype in-app integration yang tersedia dalam bentuk aplikasi maupun melalui Office online memungkinkan pengguna untuk melakkukan chatting, screen share, serta talk atau video chat langsung dari dokumen yang sedang dikerjakan.

Integrasi OneDrive

Microsoft mendesain Office 2016 sebagai aplikasi yang terintegrasi dengan cloud storage. Dalam hal Microsoft menyediakan SkyDrive dan SharePoint.

Opsi ini bisa Anda manfaatkan jika ingin share dokumen secara online dengan pihak lain. Jika Anda memilih menggunakan SkyDrive, detil dari akun Anda akan ditampilkan di pojok-kiri atas, baik pada app screen maupun start screen untuk masing-masing aplikasi.

Dengan klik pada detil akun tersebut Anda bisa berpindah akun sekaligus mengaturnya. Ketika Anda menyimpan sebuah dokumen, worksheet atau presentasi, secara default aplikasi akan menyimpannya ke akun SkyDrive tetapi tentu saja Anda bisa dengan mudah mengubahnya ke local disk.


Smart Lookup

Dengan Smart Lookup, Anda dapat memeriksa fakta atau jelajahi istilah dalam dokumen dengan Pencarian Cerdas yang didukung Bing.

Cukup sorot istilah dalam dokumen dan gunakan fitur ini untuk menghadirkan hasil pencarian dari web langsung ke dalam lingkungan baca atau penulisan Anda.


Sinkronisasi dengan perangkat lain
Ketika Anda menyimpan sebuah dokumen Office 2016 di cloud, maka dokumen tersebut nantinya bisa Anda akses melalui perangkat lain. Anda bisa mengaksesnya baik melalui komputer, tablet atau via WebApps.


Dalam hal ini, Microsoft telah melakukan upgrade WebApps untuk Word, Excel, OneNote dan PowerPoint dengan tampilan baru. 


Data Loss Prevention
Dalam Word, Powerpoint, Excel, dan Outlook akan mengurangi resiko hilangnya atau bocornya daa rahasia dengan berbagai fitur yang dimiliki IT administrator untuk mengatur kebijakan penulisan dan pembagian dokumen. 


Clutter
Dengan bantuan Clutter, Microsoft memberikan daily summary guna memastikan pengguna tidak melewatkan email penting yang dikirimkan pada hari itu.


Tell Me
Fitur pintar Tell Me membantu para pengguna untuk menemukan fitur Office atau perintah yang tepat.

Dengan mengetik di kotak 'Tell Me', Anda akan diarahkan langsung ke fitur yang diperlukan. Misalnya ketika mengetik 'Print',  Tell Me akan menampilkan perintah 'new print'.

Untuk menggunakannya, di bagian atas ribbon, ketik apa yang Anda cari di kotak 'Tell Me'. Sementara kita mengetik, sejumlah suggestion untuk hasil pencarian akan muncul. Kemudian, tinggal pilih fitur yang diperlukan.


Pilihan Theme Baru
Office 2016 dilengkapi dengan empat macam pilihan theme baru, yaitu white, light gray, dark gray, dan black.


Berjalan maksimal di Windows 10
Microsoft Office Business Group Head, Lucky Gani menyebut Office 2016 akan berjalan sangat baik pada perangkat Windows 10.