9 Tips Membeli Komputer/Laptop, Masih Pentingkah Prosesor ?

Era membeli komputer ke toko elektronik dengan memilih sendiri komponen dan menentukan spesifikasi sesuai anggaran dan fungsi sudah usang. Saat ini pilihan sudah terlampau banyak dan lengkap, demikian pula harganya. Mulai dari laptop khusus game, desain, atau hanya untuk sekedar memeriksa email, berpetualang di dunia maya dan media sosial. Nah, sebelum memutuskan untuk membeli komputer, ada baiknya Anda membaca tips berikut agar mendapatkan komputer yang sesuai dengan kebutuhan Anda:


1. Tablet atau komputer?

Jika Anda membutuhkan sebuah komputer untuk fungsi-fungsi dasar seperti memeriksa email, berselancar di internet, media sosial, memutar musik, dan melihat foto, maka yang Anda perlukan mungkin bukan laptop, tetap komputer tablet.


2. Tentukan Sistem Operasi (OS)


Sistem operasi sempat menjadi penentu pada masa lalu. Tetapi kini banyak sekali fitur dan software yang bisa diakses via internet - berkat teknologi komputasi awan - jadi OS kini tak lagi penting kecuali Anda membutuhkan banyak program yang hanya tersedia pada OS tertentu.


3. Pertimbangkan ruang


Anda kini hidup di dunia yang menyajikan banyak pilihan. Laptop dewasa ini sudah jauh lebih cepat, kuat, berharga lebih murah, dan yang terpenting berukuran jauh sangat kecil dari komputer-komputer lawas. Terutama jika Anda tinggal di ruang yang kecil, seperti kamar kostan, maka ukuran akan menjadi faktor penting. Kecuali jika komputer juga akan digunakan sebagai pengganti televisi, maka pilihan komputer berukuran besar bisa masuk dalam pertimbangan.


4. Datang langsung ke toko


Sekarang adalah era dagang online (e-commerce). Hampir semua jenis komputer bisa Anda beli dari rumah dengan hanya beberapa klik. Tetapi sebelum Anda mentransfer uang, sebaiknya Anda pergi ke toko dan merasakan sendiri komputer yang akan Anda beli. Tidakkah Anda ingin melihat sendiri seberapa jernih layar yang akan Anda gunakan? Nyamankah Anda dengan keyboard kecil? Atau apakah koneksinya internetnya lemot ketika online?


Untuk soal-soal begini, Anda perlu mencobanya langsung.



5. Jangan tergoda prosesor!


Di masa lalu, prosesor sangat menentukan pilihan komputer, tetapi sekarang tidak lagi. Sebagian besar komputer dewasa ini dipacu prosesor berkualitas tinggi dan sangat cepat. Jangan berpikir akan ketinggalan zaman karena tidak menggunakan prosesor terbaru, karena prosesor-prosesor lainnya juga sudah cukup untuk memacu mesin komputer Anda. 


Jika Anda butuh komputer untuk kepentingan penyuntingan video, audo, atau foto berkualitas tinggi, maka Intel i5 atau i7 harus masuk pertimbangan. Tetapi di lur itu, prosesor dual core saja seharusnya sudah cukup.



6. Pertimbangkan menambah RAM


RAM, berbeda dengan prosesor, masih merupakan faktor penting bagi kinerja komputer saat ini. RAM, memori jangka pendek, penting dalam memaksimalkan kerja komputer. Jika laptop pilihan Anda punya RAM kecil, maka tak ada salahnya untuk menambah dan memasang memori RAM sendiri atau di tempat servis langganan Anda.


7. Perhatikan ports USB


Cocokkan kebutuhan Anda dengan lubang-lubang USB yang tersedia. Jika Anda menggunakan hard drive eksternal, maka pastikan laptop Anda punya banyak colokan USB. Jika Anda juga menggunakan laptop untuk bermain game dan hiburan lainnya, pastikan ia memiliki port HDMI.


8. Waspadai barang second


Laptop second, istilah popular di Indonesia untuk barang bekas, memang sering menggoda. Harganya murah dan tampak fisiknya pun oke. Tetapi, tak ada yang tahu sudah berapa kali laptop itu jatuh atau terbentur. Waspadai komputer-komputer bekas, kecuali masih dibekali dengan garansi resmi dan dijual dengan harga cukup murah. Jika tidak, tiggalkan saja.


9. Terakhir, pastikan garansi resmi


Setiap membeli komputer baru, pastikan bahwa merek itu memberikan Anda garansi resmi, baik soal suku cadang maupun servis. Lazimnya perusahaan komputer akan memberikan Anda garansi selama setahun dan toko tempat Anda membeli memberi garansi penggantian barang hingga sepekan. 

Demikian tips membeli komputer atau laptop semoga bermanfaat.