Mobil dan Sepeda Motor Rongsokan Berharga Gila


Mobil dan Sepeda Motor rongsokan merupakan barang yang sudah tidak digunakan lagi oleh kebanyakan masyarakat dan cendrung dibuang ke tempat sampah atau digudangkan. Tapi bagi sebagian orang barang bekas yang kotor ini bisa dijadikan peluang usaha yang sangat menjanjikan. 


Ada juga mobil tua atau rusak umumnya dibawa ke tempat barang rongsokan, sebelum disusun tinggi untuk mempermudah mencari dan mengambil onderdil yang masih berguna. Onderdil itu kemudian dijual untuk digunakan mobil lain dan bagian yang tidak berguna dijual ke perusahaan pendaur ulang logam.


Nah, inilah daftar mobil dan motor rongsokan kuno yang mampu terjual mahal :

1. Ferrari 250 GT SWB California Spider 

Ferrari 250 GT California SWB
Siapa yang menyangka jika sebuah gudang tua yang tak terpakai dalam beberapa dekade menjadi tempat harta karun. Pasalnya, sederet mobil tua di gudang tersebut kini menjadi rebutan. Dilansir Autoblog, sebuah acara lelang mobil-mobil tua digelar di Artcurial Auction, Prancis pekan lalu. Termasuk beberapa mobil rongsokan yang ditemukan di gudang yang terletak di bagian barat Prancis itu. Salah satu mobil yang mampu menjadi bintang di acara lelang tersebut adalah Ferrari 250 GT SWB California Spider. Mobil keluaran 1961 ini laku terjual senilai $23 juta, atau lebih dari Rp290 miliar. Padahal, harga mobil ini diperkirakan hanya berada di kisaran $9,5 hingga $12 juta. Selain Ferrari dengan warna biru tua itu, ada beberapa mobil kuno yang juga bernilai tinggi. 

2. Maserati A6G 2000 Gran Sport Berlinetta Frua (1956)

Maserati A6G 2000 Gran Sport Berlinetta Frua (1956)
Sekitar 60 mobil kuno dan langka dibiarkan berkarat dan tidak terurus, di sebuah garasi di sebuah pertanian di Prancis. Selama lebih dari 50 tahun, mobil-mobil tersebut dibiarkan begitu saja oleh pemiliknya, dan kini akan dilelang untuk mendapatkan pemilik baru. Mobil-mobil itu di antaranya Maserati yang dilelang dengan harga $2,2 juta atau sekitar Rp28 miliar. Tidak ketinggalan juga ada lusinan mobil sport yang dipenuhi tumpukan kertas bekas, di garasi tersebut. Lalu siapa pemilik mobil-mobil mewah dan langka ini yang berharga miliaran rupiah?

3. Ferrari 275 GTB Berlinetta (1966)

Ferrari 275 GTB Berlinetta (1966)
Awalnya dirancang sebagai mobil balap out-and-out, hanya 12 Ferrari 275 GTB dibuat pada tahun 1966. Masing-masing dengan aluminium sangat tipis yang sangat rapuh jika bersandar saja akan penyok. Mobil Ferrari rongsokan ini laku terjual dengan harga $2,2 juta atau setara Rp28 miliar.

4. Talbot-Lago T26 Grand Sport SWB by Saoutchik (1949)

Talbot-Lago T26 Grand Sport SWB

Mobil rongsokan dengan jenis Talbot-Lago T26 Grand Sport SWB by Saoutchik (1949) laku terjual $1,9 juta atau setara Rp24 miliar.

5. Mercedes Benz 380 K A

Mercedes Benz 380 K A
Mercedes Benz 380 K A: $1,6 juta atau setara Rp21 miliar.

6. Bizzarrini 5300 GT Strada (1968)


Seharga US$1,4 juta atau setara Rp18 miliar.

7. Mercedes Benz 300 SL Roadster with Hard Top (1957)


Seharga : $1 juta atau setara Rp13 miliar.

8. Jaguar E-Type Roadster 

Jaguar E-Type Roadster
Mobil Jaguar ini memang sudah menjadi barang rongsok. Cat sudah mengelupas. Bodi pun keropos digerogoti karat, yang lebih parah mobil itu sudah lumpuh tak bisa dijalankan lagi. Namun mobil rongsokan ini terjual dengan harga 77.760 poundsterling. Jika dirupiahkan, harga mobil ini sekitar Rp 1,4 miliar. 

9. Austin Mini Seven (1959)

Austin Mini Seven
Austin Mini Seven keluaran tahun 1959 ternyata memiliki nilai jual yang cukup fantastis. Mobil tersebut baru saja dilelang di Inggris dan mencapai harga penawaran $ 65.100 atau hampir mencapai 600jt rupiah.

10. Bugatti Type 22 Brescia 

Bugatti Type 22 Brescia 
Mobil yang sudah hancur berkarat tak akan ada harganya lagi, namun tidak bagi mobil Bugatti Type 22 Brescia buatan 1925 yang diangkat dari kedalaman 50 meter di dasar Danau Maggiore setelah 70 tahun berada di sana. Dalam kondisi hancur dan tidak bisa lagi disebut sebagai mobil, ia terjual seharga US$360 ribu atau lebih dari Rp3,3 miliar di acara lelang tahunan ketiga Bonhams Retromobile pada 23 Januari 2014.


Akibat legenda yang menyelubunginya, prosesi pengangkatan Bugatti Type 22 Brescia 1925 ini dirayakan secara besar-besaran, namun dengan penanganan yang sangat hati-hati. Bukan karena kendaraan ini berhantu, melainkan agar tetap utuh. Maklum saja melihat usianya yang melewati tiga per empat abad.Sebelum pelelangan di Paris, mobil ini diperkirakan akan meraup antara 70-90 ribu Euro (sekitar Rp900-Rp1 miliar lebih) namun akhirnya palu diketuk pada  harga Rp3,3 miliar lebih.

11. Mercedes Benz A45 AMG

Mercedes Benz A45 AMG
Mercedes Benz A45 AMG yang satu ini termasuk barang mahal. Sang pemilik menjualnya dengan harga Rp139 juta atau seharga mobil LCGC. Namun jika melihat kondisinya banyak pembeli yang akan mundur dan tidak tertarik memboyong mobil Eropa ini masuk garasi rumah. Sang pemilik menjual A45 AMG memang tidak dalam kondisi layak jalan, sebab mobil ini baru saja mengalami kecelakaan dan terbakar habis. Seluruh bagian eksterior dan interior terbakar habis hingga menyisakan bagian roda roda belakang yang masih tampak utuh tanpa rusak bakar.

12. Bentley Continental GT

Bentley Continental GT
Harga yang bisa dibilang 'gila' dipatok oleh Salvage Autos Auction untuk 'rongsokan' yang satu ini bro. Bagaimana tidak, tubuh bekas mobil mewah yang habis terbakar dan nyaris kehilangan bentuknya itu dijual seharga US$ 56.000 atau setara dengan Rp 661 juta. Walau bukan satu-satunya 'bangkai' mobil mewah di situs tersebut, banderol yang dikenakan pada puing Bentley Continental GT ini adalah yang paling membuat heran.


13. Harley Davidson Ultra Rare

Harley Davidson Ultra Rare
Bagi orang awam, mungkin akan berfikir dua kali untuk membeli rongsokan motor Harley Davidson ini. Betapa tidak, melalui lelang, bukaan harga yang ditawarkan adalah 600 ribu dollar atau jika di konversikan ke rupiah nilainya mencapai 8 miliar lebih. Harga lelang Harley Davidson Ultra Rare berwarna hijau tersebut disebut-sebut merupakan angka lelang terbesar selama lebih dari 50 tahun di Australia, bahkan laman drive.com.au menyatakan jika harga tersebut mengalahkan harga lelang mobil dan motor di seluruh dunia.

14. Motor Vincent Black Prince 1955

Vincent Black Prince 1955
Motor Vincent Black Prince 1955, sebuah barang rongsokan yang berasal dari sepeda motor ternyata mampu terjual dengan harga selangit. Seperti dilansir Visordown, Selasa 17 Juni 2014, salah satu rumah lelang ternama di Inggris, Bonhams, mampu menjual komponen motor tua dengan harga Rp1,82 miliar.

15. Indian Camelback produksi (1906)

Indian Camelback produksi 1906
Tempat pembuangan sampah mungkin menjadi tempat yang paling tepat ketika melihat sebuah motor tua dengan kondisi berkarat. Namun, siapa sangka, rongsokan ini ternyata memiliki harga 50.000 poundsterling atau sekitar Rp710 juta, jika dilelang. Sepeda motor itu adalah Indian Camelback produksi 1906. Motor yang hanya diproduksi 1.698 unit ini, merupakan salah satu motor mesin pertama yang pernah dibuat di dunia.


Indian Camelback memiliki silinder tunggal dengan kecepatan maksimum 30 mph atau 50 km/jam. Motor tersebut dimiliki keluarga du Pont, yang membelinya dari Indian Motorcycle Manufacturing Company. Motor tersebut terakhir kali melintas di jalan raya pada 1970-an.