Cara Menjaga Keamanan Gadget Android Kamu

Keamanan ponsel Android pastinya masih menjadi pertanyaan, amankah ponsel android anda?. Smartphone berbasis Android yang kini tengah merajai pasar smartphone pastinya akan menjadi sasaran empuk bagi virus-virus jika ponsel Android yang anda miliki tidak terlalu aman. Selain itu keamanan juga sangat penting untuk menjaga data-data yang anda simpan pada ponsel anda, terlebih jika data tersebut merupakan data penting. Bukankah itu merupakan hal yang buruk jika ponsel Android terserang virus dan harus di instal ulang dengan harus mengorbankan data-dat penting diponsel anda. Kali ini saya ada beberapa tips cara untuk mengamankan ponsel Android anda, setidaknya memberikan keamanan yang lebih sebelum hal tersebut terjadi pada anda. Berikut simak beberapa tips menjaga keamanan ponsel android dibawah ini.

Cara Menjaga Keamanan Gadget Android Kamu

Tips Menjaga Kemanan Ponsel Android
  • Harus menginstal aplikasi dari sumber terpercaya (Jangan sembarang instal)
Bagi anda pengguna smartphone berbasis Android disarankan untuk menginstal aplikasi dari developer terpercaya. Jangan hanya sembarang menginstal aplikasi disembarang tempat, disarankan di Google Play Store seperti yang telah disediakan. Di Google Play Store pun bukan berarti anda sudah aman untuk menginstal berbagai aplikasi, meskipun dengan pengamanan yang begitu ketat tetap ada kelemahannya. Jadi anda sendiri harus lebih selektif lagi sebelum mendownload aplikasi, bukannya untung tapi malah buntung dikarenakan salah mengisntal aplikasi bajakan yang malah membuat smartphone anda terinfeksi virus setelah diinstal.
  • Update perangkat lunak secara berkala
Dengan anda secara rutin mengupdate perangkat lunak maka sistem keamanan yang ada pada android pun juga ikut diperbarui, sehingga sistem keamanan selalu baru.
  • Atur Verify Apps untuk keamanan lebih
Sistem keamanan dari Andoid versi lama hingga versi baru pun sebenarnya masih rentan terhadap serangan malware ataupun virus. Disarankan sebaiknya mengatur istem keamanan masing-masing untuk mengantisipasi serangan virus yang tak diinginkan. Pengaturan ini fungsinya salah untuk mengingatkan pengguna ketika setiap kali ingin menginstal aplikasi apapun, dengan adanya peringatan ini maka pengguna akan lebih waspada lagi ketika akan meginstal aplikasi apapun.
  • Instal aplikasi antivirus
Bila perlu untuk menambah keaman pada smartphone android anda bisa menginstal aplikasi antivirus sebagai pengaman tambahan seperti Avast, McAfee serta beberapa antivirus terbaik yang terkenal demi keamanan ekstra ponsel anda.
  • Gunakan password pada ponsel anda (agar lebih privasi)
Mungkin bisa saja ketika seseorang menggunakan ponsel anda dan melakuka aktivitas yang memungkinkan virus untuk bisa menginfeksi smartphone anda. Sehingga menggunakan password merupakan salah satu cara yang sederhana mengamankan ponsel anda.
Nah itu tadi beberapa tips untuk menjaga keamanan ponsel android anda, lakukan pencegahan dengan menambah keamanan sebelum ponsel anda terinfeksi oleh virus. Semoga bermanfaat.