Cara Menghemat RAM dan Baterai Android

Masalah yang cukup sering kali dijumpai, yakni borosnya Baterai dan RAM. Pentingnya kedua komponen tersebut, membuat kita selalu mencari tau di mana masalahnya? Kenapa Baterai dan RAM sangat boros. Riset AVG yang menguji 200 juta ponsel Android itu menunjukkan aplikasi Facebook sebagai satu di antara yang rakus menghabiskan daya baterai. Sementara aplikasi browser Chrome dari Google ternyata juga boros tempat penyimpanan. Menurut AVG, aplikasi yang paling banyak memakan daya baterai yang berjalan saat perangkat Android menyala (Start-up), adalah Facebook, Google Play Services, dan Facebook Page Managers. 

Cara Menghemat RAM dan Baterai Android

1. Aplikasi


Dengan menginstall banyak aplikasi di Smartphone Android kamu, apalagi yang memiliki RAM kecil, tentunya dapat membuat Baterai cepat terkuras, dan juga membuat performa Smartphone Android kamu jadi lemot.

2. Aplikasi Berjalan di Background


Jika kita melihat aplikasi seperti Facebook, WhatsApp, BBM (BlackBerry Messenger) atau-pun Path, hampir semua aplikasi ini berjalan di background. Perlu kita ketahui seksama, bahwa aplikasi yang berjalan di background akan memakan sisa RAM yang kita miliki.

3. Aplikasi yang Serupa (Duplicate Apps)


Sebagai pengguna Smartphone Android, tentu kita selalu ingin mengeksplor aplikasi baru. Banyak pengguna yang cenderung memiliki banyak aplikasi yang fungsinya mirip, seperti menggunakan aplikasi messaging (WhatsApp, BBM, LINE, Telegram, dll), semua aplikasi ini di-install.

Padahal, hanya satu atau dua aplikasi saja yang dipakai. Alangkah baiknya, cukup gunakan aplikasi secukupnya, karena semakin banyak aplikasi yang kita install, maka semakin boros pula Baterai dan RAM yang digunakan.

Berikut Aplikasi yang paling boros RAM dan Baterai Android adalah :
  1. Facebook 
  2. Skype 
  3. BBM (BlackBerry Messenger
  4. Facebook Messenger 
  5. Google Chrome 
  6. Google Maps 
  7. Waze Social GPS & Maps 
  8. Path Talk 
  9. Google Earth 
  10. YouTube 

Aplikasi yang paling hemat RAM dan Baterai Android adalah :
  1. UC Browser 
  2. Facebook Lite 
  3. WhatsApp Messenger 
  4. Opera Mini 
  5. Google Translate 
  6. MX Player 
  7. Telegram 
Sebenarnya, boros atau tidaknya Baterai dan RAM itu semua tergantung kepada si pemakai. Jika kita sebagai pemakai tau batas kemampuan Smartphone yang kita miliki, hal itu dapat membuat kita bijak dalam memiliki aplikasi apa saja yang akan kita install dan kita gunakan. Mudah-mudahan bermanfaat, terima kasih.