Komputer Terkecil Seharga Rp 100 Ribuan dengan 7 Kehebatan C.H.I.P

Komputer C.H.I.P. ©2015 NextThing Co.


Akhir pekan ini start-up Next Thing Co. asal Amerika akan mulai menjual C.H.I.P, komputer single-board (SBC) terkecil yang pernah dibuat oleh manusia. Menariknya, harganya hanya USD 9 atau Rp 120 ribu.

Lihat saja, saat dibandingkan dengan pisang, ukuran komputer ini tidak lebih dari setengahnya. Namun, jangan salah sangka, C.H.I.P bisa melakukan hal-hal yang komputer 'besar' lakukan.

Menurut Next Thing Co., C.H.I.P adalah komputer yang dibuat untuk semua kalangan, entah itu pelajar, guru, orang tua, anak-anak, seniman, hacker, sampai ilmuwan. Singkatnya, C.H.I.P merupakan alat yang pas untuk menyelesaikan proyek-proyek berbasis komputer. Mau tahu lebih jelas, berikut 7 kehebatan C.H.I.P.

1. Kecil bertenaga
Ilustrasi kerja C.H.I.P 2015 NextThing Co.
Ukuran C.H.I.P bisa dikatakan sama seperti pemantik rokok yang banyak dijual di toko-toko. Meski kecil, C.H.I.P dibekali dengan dapur pacu jempolan, sebut saja prosesor 1GHz, RAM 512MB, dan memori internal 4GB.

2. Konektivitas lengkap
Komputer C.H.I.P 2015 NextThing Co.
C.H.I.P boleh saja terlihat seperti sebuah versi mini motherboard, namun komputer ini hadir dengan teknologi Wi-Fi dan Bluetooth yang nantinya bisa dipakai untuk berinteraksi dengan gadget lain. Pengguna dapat dengan mudah disambungkan dengan berbagai jenis layar, mulai dari composit output, VGA atau HDMI.

3. Bisa ubah berbagai tempat jadi kantor
Kerja dengan C.H.I.P 2015 NextThing Co
Hanyan dengan modal layar, keyboard dan mouse wireless, pengguna bisa mengubah berbagai tempat menjadi kantor dadakan. Tidak perlu repot menjinjing laptop atau pindah komputer dekstop. C.H.I.P mempunyai software LibreOffice yang bisa digunakan untuk membuat dokumen Word, Excel, sampai membuat presentasi.

4. Gaming dan surfing internet
Bermain game dengan C.H.I.P 2015 NextThing Co.
C.H.I.P memakai browser Chromium untuk browsing internet, berkirim email, menonton vidfeo, dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan, hanya dengan menghubungkan C.H.I.P dengan monitor dan kontroler game wireless pengguna dapat memainkan game-game terbaru dan lawas yang jumlahnya ribuan.

5. Main musik
Main musik pakai C.H.I.P 2015 NextThing Co.
Pengguna juga dapat mengubah C.H.I.P menjadi pemutar musik portabel hanya dengan menggabungkannya dengan keyboard MIDI dan pengeras suara. Pengaturan musik dan instrumennya juga bisa dilakukan dengan komputer mungil ini.

6. Punya ribuan aplikasi gratis
Aplikasi C.H.I.P 2015 NextThing Co.
Dalam C.H.I.P, terdapat lebih dari 1000 aplikasi dan game yang langsung bisa digunakan. Komputer ini juga bisa menjalankan aplikasi open source yang banyak tersedia di internet. Sistem operasi C.H.I.P juga menghadirkan sistem navigasi yang mudah dimengerti.

Hebatnya, C.H.I.P dibekali dengan bahasa pemrograman Scratch yang bisa mengajari pengguna dasar-dasar pemrograman untuk membuat game hingga animasi.

7. PocketC.H.I.P
PocketC.H.I.P 2015 NextThing Co.
Pengguna tidak harus selalu susah mencari monitor untuk bisa menggunakan C.H.I.P. Sebab Next Thing Co. sudah menyediakan gadget mungil mirip smartphone BlackBerry yang menjadi rumah bagi C.H.I.P agar bisa digunakan secara portabel.

Gadget bernama PocketC.H.I.P ini memiliki layar touchscreen 4,3 inci, keyboard QWERTY, dan baterai yang bisa bertahan selama 5 jam. PocketC.H.I.P bisa membuat pengguna seakan-akan mempunyai komputer di saku mereka.