Adobe Flash Berevolusi Menjadi Adobe Animate

Satu persatu perangkat lunak atau software yang digunakan untuk menjalankan sebuah program terus dikembangkan. Salah satunya adalah Adobe Flash yang bagi pengguna Youtube diwajibkan memasang Adobe Flash. Tidak lupa juga segera instal plugin Adobe Flash agar bisa memutar video Youtube. Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.   

Adobe Flash Berevolusi Menjadi Adobe Animate
Adobe Flash Berevolusi ke Animate [image source]
Tapi kini hal tersebut tak perlu lagi. Banyak browser yang sudah mendukung untuk memutar video Youtube tanpa harus menginstal Adobe Flash terlebih dulu. Ini karena browser tersebut sudah menggunakan HTML5 untuk keperluan teknologi dan animasi video. Adobe Flash pun mulai ditinggalkan. Banyak situs video lainnya juga yang tidak menggunakan Adobe Flash dan memilih menggunakan HTML5. Twitch salah satunya. 

Perkembangan internet para era mobile pun membuat banyak pengembang tidak memilih Adobe Flash. Ini karena Adobe Flash dikenal sangat berat dan cukup rawan eskplosit. Meniliki fenomena ini, seharusnya Adobe bisa mengubah teknologinya atau menyesuaikan dengan kebutuhan perkembangan internet saat ini. Sayangnya, Adobe terlambat dalam melakukan hal ini. 

Baru pada tahun lalu Adobe melakukan langkah yang seharusnya dilakukan beberapa tahun sebelumnya. Adobe menghadirkan nama baru bernama Adobe Animate. Perubahan ini bukan sekadar pergantian nama dari Adobe Flash menjadi Adobe Animate.  Baca juga : Cara Menginstall dan Pemperbarui Aplikasi atau Software Secara Massal

Perubahan ini disertai dengan perubahan fokus teknologi animasi interaktif yang kini jadi standar baru, HTML5. Ini berarti Adobe Flash sudah berevolusi menjadi Adobe Animate untuk memenuhi tuntutan jaman yang terus berkembang teknologinya.

Apa yang baru pada Adobe Animate? 

Adobe Flash Berevolusi Menjadi Adobe Animate
Adobe Flash Berevolusi ke Animate [image source]
Adobe Animate akan hadir pada tahun ini dengan menghadirkan teknologi animasi untuk berbagai keperluan. Contohnya untuk keperluan iklan interaktif maupun industri animasi. Adobe Animate tentunya akan jadi “mainan” baru bagi pengembang dalam menciptakan video animasi interaktif. Tidak ada lagi Flash. Adobe Animate adalah solusi baru. 

Seperti produk Adobe lainnya, Adobe Animate CC kini mendukung Creative Cloud Libraries yang berfungsi untuk berbagi konten dengan produk Adobe lainnya, dengan pengguna komputer yang berbeda. Bahkan kini para animator dapat mengimpor langsung file video beresolusi 4K.

Adobe mengatakan bahwa pada sepertiga program Flash Profesional adalah untuk HTML5, sehingga penamaan Flash terkesan sudah tidak relevan lagi sekarang. Apalagi penggunaan HTML5 sekarang sudah menjadi standar di beberapa situs. Pihak Adobe juga menambahkan bahwa sekarang HTML5 ini bisa menggantikan peran Flash.

Selain itu, Adobe juga memperkenalkan Muse CC, sebuah program web desainer. Software ini cocok untuk Anda yang ingin membuat sebuah web namun terkendala dengan tidak paham dengan koding seperti PHP dan HTML. Dengan adanya Muse CC, para web desainer dapat membuat sebuah situs yang responsif, sesuai dengan kehendak mereka. Muse CC ini juga sudah terintergrasi dengan Adobe Creative Cloud, seperti Animate CC.

Sumber : plimbi.com